Pengertian Bimbingan Dan Konseling Adalah - Belajar Bimbingan Dan Konseling

Pengertian Bimbingan Dan Konseling Adalah - Belajar Bimbingan Dan Konseling

Halooo. .. berjumpa lagi dengan rasa-stroberi blog, kali ini kita akan belajar mengenai Bimbingan dan Konseling. Nahhhhhhhhh !!! artikel ini sesuai dengan bidang saya. Untuk itu marilah kita belajar bersama dalam blog ini tentang pengertian Bimbingan dan Konseling.
Langsung saja kita baca dibawah ini tentang pengertian Bimbingan dan Konseling.

Bimbingan dan Konseling yaitu proses pemberian bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli ( klien ) untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinnya agar bisa mencapai perkembangan secara optimal.
Ada juga beberapa ahli berpendapat sebagai berikut :
  •  Definisi Bimbingan
Prayitno dan Erman Amti (2004) mengungkapkan bahwa bimbingan merupakan proses pemberian bantuan oleh orang yang ahli kepada beberapa orang atau individu, baik anak anak, remaja, maupun dewasa.

Bernard & Fullmer (1969) mengemukakan bahwa bimbingan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan realisisasi pribadi setiap individu.

Menurut Sukardi (2007: 54) bimbingan pribadi membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri, serta sehat jasman dan rohani.

Bimo Walgito (2004), mengatakan bahwa bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya, agar individu dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya.

Chiskolm dalam McDaniel, dalam Prayitno dan Erman Amti (1994), mengungkapkan bahwa bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.

Menurut Abu Ahmadi (1991: 1), bahwa bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik.
  • Definisi Konseling

Jones ( Insano, 2004 : 11 ) menyebutkan bahwa konseling merupakan suatu hubungan profesional antara seorang konselor yang terlatih dengan klien. Hubungan ini biasanya bersifat individual atau seorang-seorang, meskipun kadang-kadang melibatkan lebih dari dua orang dan dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya, sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya.

Tolbert ( Prayitno 2004 : 101 ) Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antara dua orang dalam mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat. Lebih lanjut konseli dapat belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah dan menemukan kebutuhan-kebutuhan yang akan datang.

Artikel tentang bimbingan konseling diatas semoga bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan pembelajaran dan wawasan mengenai tugas-tugas dari sekolah ataupun tugas kampus. Dan bisa kamu share ke teman-teman kamu.
Selamat berkunjung di rasa-stroberi blog lagi sobat :)


toko baju online

http://www.toko-baju-online.com/

LIKE Facebook Kita Dapatkan Koleksi Terbaru TOKO BAJU ONLINE terpercaya Indonesia



TESTIMONI
Lihat Testimoni Kita Klik Disini

TERIMA KASIH ...
 
Copyright © 2016. Rasa-Stroberi
Proudly powered by Blogger