Materi Dan Peran Konselor Pada Pendidikan Karakter

Sebelum mengetahui materi dan peran konselor pada pendidikan karakter dalam bimbingan dan konseling, perlu kamu ketahui bahwa kaitan pendidikan karakter dengan pelayanan bimbingan dan konseling yaitu :
  1. Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional, maka orientasi, tujuan dan pelaksanaan BK juga merupakan bagian dari orientasi, tujuan dan pelaksanaan pendidikan karakter.
  2. Program Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan bagian inti pendidikan karakter yang dilaksanakan dengan berbagai strategi pelayanan dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai kemandirian, dengan memiliki karakter yang dibutuhkan saat ini dan masa depan.
  3. Pekerjaan bimbingan dan konseling adalah pekerjaan berbasis nilai, layanan etis normatif, dan bukan layanan bebas nilai. Seorang konselor perlu memahami betul hakekat manusia dan perkembangannya sebagai makhluk sadar nilai dan perkembangannya ke arah normatif-etis. Seorang konselor harus memahami perkembangan nilai, namun seorang konselor tidak boleh memaksakan nilai yang dianutnya kepada konseli (peserta didik yang dilayani), dan tidak boleh meneladankan diri untuk ditiru konselinya, melainkan memfasilitasi konseli untuk menemukan makna nilai kehidupannya. (Sunaryo, 2006)

Materi Pendidikan Karakter Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Yaitu :
  1. Perilaku seksual
  2. Pengetahuan  tentang  karakter
  3. Pemahaman tentang moral sosial
  4. Keterampilan pemecahan masalah
  5. Kompetensi emosional
  6. Hubungan  dengan  orang  lain
  7. Perasaan  keterikatan  dengan  sekolah
  8. Prestasi akademis
  9. Kompetensi berkomunikasi
  10. Sikap  kepada  guru
(Berkowitz, Battistich, dan  Bier dalam Muhammad Nur Wangid, 2010).

 18 Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa
  1. Religius
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja Keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa Ingin Tahu
  10. Semangat Kebangsaan
  11. Cinta Tanah Air
  12. Menghargai Prestasi
  13. Bersahabat/Komuniktif
  14. Cinta Damai
  15. Gemar Membaca
  16. Peduli Lingkungan
  17. Peduli Sosial, dan
  18. Tanggung-jawab.

PERAN KONSELOR DALAM PENDIDIKAN KARAKTER:
  1. Sebagai  pendidik yang  berkepentingan dengan pendidikan  karakter, konselor seyogyanya memiliki komitmen dan dapat tampil di garis terdepan dalam  mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah,  bekerja sama dengan stake holder pendidikan lainnya.
  2. Konselor sekolah profesional perlu mengambil peran aktif dalam memulai, memfasilitasi dan mempromosikan program pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Konselor sekolah profesional, sebagai bagian dari komunitas sekolah dan sebagai orang yang sangat pandai, mengambil peran aktif dengan bekerja sama dengan para guru dan administrasi dalam memberikan pendidikan karakter di sekolah-sekolah sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah dan kegiatan "(ASCA dalam Muhammad Nur Wangid, 2010).
Semoga artikel materi dan peran konselor pada pendidikan karakter dalam BK bisa kamu jadikan referensi :)
Bagi kamu pecinta kartun spongebob, klik Gambar Lucu Spongebob
Artikel Menarik Lainnya


 
© Copyright 2013 - 2014 #Designed Template by Uc1n
Terimakasih telah berkunjung dengan Artikel : Materi Dan Peran Konselor Pada Pendidikan Karakter