Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Atau Mengorok Saat Tidur

Masalah mendengkur ini bisa menjadi hal yang menjengkelkan dan membingunkan kita. Apalagi jikalau kita mau tidur dengan orang lain tapi kita mempunyai kebiasaan mendengkur, aduhhhhhhhhhhhhh pastinya malu-maluin donk. Nah, untuk itu, kamu harus mengetahui cara mengurangi mendengkur dan cara berhenti mendengkur.
Dibawah ini akan dibahas tentang cara menghilangkan atau mengurangi kebiasaan mendengkur saat tidur.






Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan Alat:

1. Menggunakan Nasal Devices.
Alat ini digunakan pada mendengkur yang disebabkan lubang hidung sempit. Apabila mukosa hidung membengkak karena alergi atau infeksi, semprotan atau irigasi hidung dapat membantu meredakan peradangan.

2. Menggunakan Dental Devices.
Alat yang digunakan di rongga mulut ini menarik rahang bawah dan lidah bersamaan sehingga mencegah lidah tidak jatuh ke belakang. Alat ini dapat mengurangi dengkuran 70 hingga 90 persen kasus. Namun alat ini harus digunakan setiap malam dan dapat mengakibatkan gangguan temporomandibular joint (TMJ), produksi saliva berlebih, juga harganya yang cukup mahal. Dental devices direkomendasikan pada mereka yang mendengkur primer atau OSAHS ringan.

3. Continuous Positive Airway Pressure Hidung.
CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure adalah alat yang umum digunakan bagi penderita OSAHS. Alat ini bekerja dengan mempertahankan peningkatan tekanan udara. Gunanya mencegah saluran napas menyempit akibat menarik dan mengeluarkan napas. Alat ini menggunakan masker yang disambungkan dengan pompa untuk menjaga tekanan udara.


Selain dengan menggunakan alat, temen2 juga bisa loo, mengurangi kebiasaan mendengkur kamu. Caranya sebagai berikut :

1. Tidur dalam Posisi Miring.
Jika biasa tidur terlentang sebaiknya ganti dengan posisi miring. Dengan demikian anda dapat mengatur napas sehingga dengkuran bisa diminimalkan, Tidur dalam posisi benar. Dalam hal ini, tidurlah dalam posisi miring agar tak mendengkur. Karena mendengkur biasanya terjadi bila orang tidur dalam posisi terlentang, maka orang terdekat bisa mengurangi kebiasaan itu dengan memiringkan badan pengorok. Tindakan ini dapat mencegah agar lidah tidak jatuh dan menghambat jalan nafas.

2. Atur Posisi Letak Bantal.
Saat tidur, atur posisi bantal menjadi lebih tinggi. Karena jika posisi bantal rendah atau datar akan menyumbat keluar masuk udara sehingga menimbulkan dengkuran.

3. Kurangi berat badan.
Kelebihan lemak membuat organ paru-paru dan jantung tertimbun lemak, akibatnya napas Anda kurang lancar. Selain itu, saluran napas juga tidak bekerja optimal, Jika tubuh gemuk, sebaiknya lakukan diet, karena tubuh yang menyimpan banyak lemak bisa bisa menyebabkan dengkuran.

4. Minum Madu.
Sebelum tidur sebaiknya meminum beberapa sendok madu. Karena menurut beberapa penelitian, madu bisa membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur/ngorok.

5. Hidup Sehat.
Konsumsi makanan yang sehat, banyak minum air putih dan olah raga teratur. Hindari rokok dan minuman beralkohol,pil-pil penenang atau antithistamin beberapa jam sebelum tidur, yang membuat otot-otot kerongkongan santai sejenak, sehingga menghasilkan dengkuran. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan di atas, segera periksa telinga, hidung dan tenggorokan pada dokter THT.


Semoga tips menghilangkan kebiasaan mendengkur di atas bermanfaat yah sobat :)

 

Artikel Menarik Lainnya


 
© Copyright 2013 - 2014 #Designed Template by Uc1n
Terimakasih telah berkunjung dengan Artikel : Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Atau Mengorok Saat Tidur