Waspadai Penyakit Dalam Tubuh Ikan Lele Kamu

Bagi peternak lele, tentu saja kamu gag mau kan kalau ikan lele kamu terkena penyakit dan akhirnya banyak yang mati terus rugi :(.
Nahhh, kenali dan atasi penyakit dalam ikan lele. Disini akan dibahas tentang apa saja penyakit ikan lele dan bagaimana cara mengatasinnya.
  • Larva Capung
Larva capung ini merupakan salah satu spesiesnya anax junius. Fase dewasanya dapat mencapai panjang 76 mm. cirri fisik larva capung yaitu kepala kehijauan dan  berwarna kebiruan di bagian perut hama ini hama ini sulit di basmi karena berada di bawah permukaan air untuk tindakan pencegahan dapat di lakukan dengan cara menutupi bagian atas kolam dengan  paranet  agar induk capung dewasa tidak bisa meletakkan telurnya kedalam kolam selain itu lakukan pembersihan kolam dari tanaman kecil yang tumbuh di permukaan kolam sebelum kolam di gunakan kembali.
  • Bakterial atau Viral
Gejala klinis di cirikan luka di tubuh dan berdarah, perut membesar, lendir mencair, sisik mengelupas, dan timbul borok. Dalam waktu singkat kondisi ikan lemah, sering muncul ke permukaan, lalu mati.
Dan sangat perlu diwaspadai penyakit tersebut.
Bakteri ini disebabkan karena kolam yang tercemar bahan organik, air kolam kurang baik atau perbedaan suhu siang dan malam juga berperan munulnya penyakit ini.
  • Ikan Lele Menguning
Biasannya seluruh tubuh ikan lele kekuningan Gerakan di air masih lincah, namun setelah dipanen dan jika penanganan panen tdak bagus, akan terlihat lemas dan bisa mati Sering terjadi kematian massal dalam waktu yang relatif singkat.
Penyebab penyakit ini karena kualitas air Budidaya kurang baik ( air bau dan keruh ) Penggantian air jarang dilakukan dan tidak pernah melakukan sterilisasi air kolam dengan menggunakan Atiseptik , untuk mengurangi kepadatan bakteri.
Cara penanganannya yaitu Menjaga kwalitas air kolam budidaya dengan sering melakukan pembuangan dasar kolam sekitar 10% dari volume air, kemudian lakukan pengisian air kembali ( sirkulasi ) Lakukan proses Sterilisasi pada kolam budidaya menggunakan Boster Blue Copper seminggu sekali untuk menjaga kepadatan bakteri dalam kolam Gunakan Probiotik, Boster Aquaenzym 3 hari sekali untuk memperbaiki kwalitas air ( untuk menguraikan bahan organik dalam kolam).

Kalau kamu memelihara ikan lele, ketahui penyakit apa apa saja yang bisa membahayakan lele kamu.
Jika lele kamu mengidap penyakit yang dijelaskan diatas, segera tangani dan semoga berhasil.
Sukses dalam berbudidaya :)


toko baju online

http://www.toko-baju-online.com/

LIKE Facebook Kita Dapatkan Koleksi Terbaru TOKO BAJU ONLINE terpercaya Indonesia



TESTIMONI
Lihat Testimoni Kita Klik Disini

TERIMA KASIH ...
 
Copyright © 2016. Rasa-Stroberi
Proudly powered by Blogger